Sabtu, 10 Juni 2017

Sistem Informasi Keuangan

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Sistem Informasi Keuangan


NAMA KELOMPOK (SM10) :
Sekar Arum Pujiningrat                     1410209318
Tyas Kurnia Hilmy                            1410209380
Kuntum K. M. Maskat                      1410209381
Berliana Fernanda                             1410209387

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI INDONESIA

(STIESIA) SURABAYA




BAB 11
Sistem Informasi Keuangan

11.1.        A Model of the Financial Information System
Istilah sistem informasi keuangan digunakan untuk menjelaskan subsistem CBIS yang memberikan informasi kepada orang atau kelompok baik di dalam maupun di luar perusahaan mengenai masalah keuangan perusahaan. Informasi disajikan dalam bentuk laporan periodik, laporan khusus, hasil dari simulasi matematika, komunikasi elektronik dan saran dari sistem pakar.
Gambar: Model Sistem Informasi Keuangan

Seperti sistem informasi fungsional lainnya, sistem informasi keuangan berisi subsistem input dan output. Dua dari subsistem input, sistem informasi akuntansi dan suatu subsistem yang dikhususkan untuk mengumpulkan intelijen, juga terdapat pada sistem fungsional lainnya. Subsistem input ketiga, audit internal, terdiri dari auditor yang menganalisis sitem konseptual perusahaan untuk memastikan bahwa data-data keuangan diproses secara tepat.
Tiga subsistem output mempengaruhi arus uang perusahaan. Subsistem peramalan (forecasting) memproyeksikan kegiatan jangka panjang perusahaan dalam lingkungan ekonomi. Subsistem manajemen dana mengelola arus uang, menjaganya agar tetap seimbang dan positif. Subsistem pengendalian memungkinkan manajer untuk menggunakan secara efektif semua jenis sumber daya yang tersedia.

Perangkat Lunak Keuangan Siap Pakai
Lebih banyak perangkat lunak aplikasi siap pakai (prewritten application software) yang dikembangkan untuk area keuangan dari pada untuk area lain. Sistem perangkat lunak siap pakai ini memungkinkan perusahaan kecil mencapai pengendalian keuangan yang baik tanpa melakukan investasi dalam staf jasa informasi yang besar. Sistem ini juga digunakan secara luas pada perusahaan besar, sifatnya yang memudahkan pemakai menjadi pendorong utama end-user computing.

Sistem Informasi Akuntansi
Data akuntansi menyediakan catatan mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan keuangan yang terjadi dalam perusahaan. SIA merupakan satu-satunya komponen input yang terdapat pada seluruh sistem informasi fungsional. Bahkan secara lebih mendasar: SIA merupakan dasar yang diatasnya dibangun semua subsistem informasi berorientasi CBIS.

Subsistem Audit Internal
Perusahaan besar maupun kecil bergantung pada auditor eksternal untuk audit catatan akuntansinya untuk menguji kebenarannya. Perusahaan yang lebih besar memiliki sendiri staf auditor internal,  yang melakukan analisis yang sama seperti auditor eksternal tetapi memiliki lingkup tanggung jawab yang lebih luas.

Direktur audit internal mengelola departemen audit internal dan biasanya melapor kepada CEO dan CFO. CFO atau Cheif Finansial Officer  adalah orang yang mengelola fungsi keuangan dan biasanya memegang jabatan sebagai wakil presiden direktur keuangan.

11.2. Financial Intelligence Subsystem
Karena fungsi keuangan mengendalikan arus uang melalui perusahaan, informasi diperlukan untuk mempercepat arusnya. Subsistem intelijen keuangan berusaha mengidentifikasi sumber-sumber terbaik modal tambahan dan investasi terbaik bagi kelebihan dana. Untuk mencapai tujuan ini, subsistem informasi keuangan mengumpulkan data dan informasi dari pemegang saham dan masyarakat keuangan. Sama seperti sistem informasi fungsional lainnya, subsistem informasi keuangan juga mengumpulkan data dan informasi dari pemerintah.

Informasi Pemegang Saham
Semua perusahaan mempunyai satu atau beberapa orang yang bertanggung jawab atas hubungan dengan pemegang saham. Departemen hubungan pemegang saham biasanya ditempatkan dalam fungsi keuangan. Departemen ini memelihara hubungan komunikasi antara perusahaan dengan pemegang sahamnya. Arus informasi dari perusahaan kepada pemegang saham, terutama berbentuk laporan tahunan dan triwulanan. Laporan ini berisi informasi yang sangat ringkas.
Pemegang saham juga menggunakan departemen hubungan pemegang saham sebagai alat untuk mengkomunikasikan keluhan, saran, ide dan informasi lain ke perusahaan. Setahun sekali pemegang saham berkesempatan menghadiri rapat tahunan pemegang saham. Walau eksekutif perusahaan yang paling banyak melakukan komunikasi, pemegang saham diberikan kesempatan untuk mengungkapkan pandangan mereka.

Informasi Masyarakat Keuangan
Kegiatan intelijen perusahaan yang paling berkembang mungkin kegiatan yang melibatkan masyarakat keuangan. Jauh sebelum era komputer, manajer dan staf dalam fungsi keuangan memiliki sistem yang mengumpulkan informasi yang menjelaskan lingkungan keuangan.
Ada dua alasan mengapa perusahaan membuat arus informasi seperti ini. Pertama, informasi telah tersedia, terdapat dalam bentuk material cetakan dan database yang berisi informasi ekonomi dan lingkungan. Kedua, manajemen puncak mengenali dampak dari lingkungan ekonomis terhadap perusahaan dan ingin tetap waspada terhadap perubahan yang perlu ditindak-lanjuti. 

Pengaruh Lingkungan Pada Arus Uang
Lingkungan berpengaruh tidak langsung maupun langsung pada arus yang melalui perusahaan.
Suatu contoh pengaruh tidak langsung adalah Federal Reserve System (Bank Sentral). Ketika Bank Sentral ingin mempercepat arus uang, Bank Sentral melonggarkan berbagai pengendalian, seperti menurunkan suku bunga. Ketika Bank Sentral ingin memperlambat arus, Bank Sentral memperketat pengendalian seperti menaikkan suku bunga.
Cara masyarakat keuangan – seperti bank, lembaga simpan pinjam, dan perusahaan asuransi – menanggapi tindakan yang dilakukan Bank Sentral merupakan pengaruh langsung. Anggota masyarakat keuangan menaikkan atau menurunkan suku bunga yang dibebankan kepada nasabah. Perusahaan merasakan ini sebagai pengaruh langsung ketika perusahaan meminjamkan uang atau menginvestasikan kelebihan dana.

Contoh Jasa Database Keuangan
Sejumlah besar database informasi keuangan tersedia bagi perusahaan melalui cara berlangganan. Dengan membayar biaya langganan, perusahaan dapat mengakses pusat database dari penyedia jasa atau menerima database yang diperbarui dalam bentuk CD-ROM secara berkala.
Salah satu jasa tersebut adalah Datastream Information Services. Perusahaan yang berlangganan memberikan pada Datastream profil keuangan yang merinci jenis informasi yang diinginkan. Profil ini memungkinkan perusahaan untuk memperoleh akses ke database Datastream melalui Internet. Database Datastream berisi data neraca perusahaan-perusahaan A.S., Kanada dan internasional, informasi ekuitas historis dan saat ini, informasi obligasi, dan data ekonomi rinci. Database tersebut menyediakan data neraca, keuangan, dan rasio lebih dari 6.000 perusahaan publik A.S., 300 perusahaan Kanada, dan beberapa perusahaan di Eropa dan Asia.
Datastream adalah jasa berlangganan, tetapi intelijen keuangan serupa dapat diperoleh dari Internet tanpa membayar biaya khusus. Tiga jasa tersebut adalah Dun & Bradstreet, Barron’s dan Bloomberg.
Dalam beberapa tahun terakhir, ketersediaan informasi keuangan berbasis komputer seperti yang disediakan oleh jasa berlangganan dan penyedia jasa Internet telah meningkatkan kemampuan susbsistem intelijen keuangan untuk terus mengikuti perkembangan terakhir lingkungan keuangan perusahaan.

Sistem Peramalan
Peramalan (forecasting) merupakan salah satu kegiatan matematis tertua dalam bisnis. Dalam menentukan kontribusi yang dapat dilakukan peramalan pada perusahaan, ada tiga fakta dasar dalam pikiran:
·      Semua peramalan merupakan proyeksi dari masa lalu
·      Semua peramalan terdiri dari keputusan semistruktur
·      Tidak ada teknik peramalan yang sempurna
-        Peramalan Jangka Pendek dan Jangka Panjang
Peramalan jangka pendek dilakukan oleh area-area fungsional. Semua area fungsional menggunakan ramalan penjualan sebagai dasar untuk menentukan sumber daya yang dibutuhkannya untuk mendukung tingkat kegiatan yang diproyeksikan.
Peramalan jangka panjang biasanya dilakukan oleh suatu area selain pemasaran oleh fungsi finansial atau suatu kelompok khusus yang hanya mempunyai tanggung jawab perencanaan.
-        Metode Peramalan
·         Metode nonkuantitatif tidak melibatkan perhitungan data tetapi didasarkan pada penaksiran subyektif. Beberapa perusahaan telah membuat sistem formal yang memasukkan metode nonkuantitatif. Tiga sistem formal seperti itu adalah konsensus panel, metode Delphi dan sistem rapat elektronik.
·         Motede kuantitatif banyak teknik peramalan telah dikembangkan selam bertahun-tahun. Salah satu yang memiliki banyak pengikut adalah analisis regresi yang melibatkan hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat.

11.3. Bagaimana Manajer Menggunakan Informasi Keuangan
Eksekutif dalam fungsi finansial seperti wakil presiden direktur keuangan dan controller menggunakan informasi yang dihasilkan oleh seluruh tiga subsistem output. Eksekutif lain, termasuk anggota dewan direksi, juga menggunakan semua output. Manajer tingkat yang lebih rendah dan staf profesional lebih memilih subsistem yang dengan area tanggung jawab mereka. Contohnya, seorang analisis investasi menggunakan subsistem manajemen dana, dan seorang manajemen toko bergantung pada subsistem pengendalian.


 Daftar Pustaka 
McLeod, Raymond. Sistem Informasi Manajemen, edisi terjemahan. PT Bhuana Ilmu Populer; Jakarta. 1995

1 komentar: